{[['']]}
Pada
dasarnya media yang banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran adalah
media komunikasi. Oleh karena itu dalam pembahasan taksonomi ini akan
digunakan taksonomi yang dikemukakan oleh Haney dan Ulmer (1981).
Media
pembelajaran merupakan komponen intruksional yang meliputi pesan,
orang, dan peralatan. Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,
media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau informasi pesan.
Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan
teknologi. Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut,secara umum jenis
media pembelajaran dikelompokkan menjadi ; a)Media Visual, b)Media
Audio, c)Media Audio-visual.
1. Media Visual
Adalah
media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang
menampilkan gambar diam seperti film strip (film rangkaian), slides
(bingkai) foto, gambar, atau lukisan, cetakan. Ada pula media visual
yang menampilkan gambar atau symbol yang bergerak seperti film bisu,
film kartun.
Kelebihan media
visual yaitu dalam media ini siswa dapat melihat obyek yang
diperlihatkan guru dalam proses pembelajarannya sehingga siswa tahu
obyek apa yang sedang dijelaskan dan dipelajarinya.
Kelemahan
media visual yaitu dalam media ini hanya kemampuan indera penglihat
saja yang terasah kemampuannya, sehingga siswa hamya mampu melihat
gambar tersebut tanpa mengasah indera peraba dan indera pendengaran,
serta terbatas bagi yang mempunyai kelainan penglihatan atau buta.
2. Media Auditif
Adalah
media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio,
cassette recorder, piringan hitam. Media ini tidak cocok untuk orang
tuli atau mempunyai kelainan pendengaran.
Kelebihan media
auditif yaitu dalam media ini siswa dapat lebih fokus karena siswa
dituntut untuk lebih peka dalam pendengarannya. Jadi kemampuan siswa
dalam mendengarkan dapat terasah.
Kelemahan media
auditif yaitu dalam media ini hanya mengasah indera pendengar saja,
tanpa dapat mengasah indera lain seperti indera penglihat dan peraba.
Selain itu media ini sangat terbatas bagi yang mempunyai kelainan tuna
rungu.
3. Media Audio-visual
Adalah
media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini
mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media
yang pertama dan kedua.
Kelebihan
media audio-visual yaitu dalam media ini mencakup segala aspek indera
pendengar, penglihat dan peraba. Sehingga kemampuan semua indera dapat
terasah dengan baik karena dipergunakan dengan seimbang dan bersama.
Kelemahan
media audio-visual yaitu keterbatasan biaya serta penerapannya yang
harus mampu mencakup segala aspek indera pendengaran, penglihatan dan
peraba.
B. JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN SECARA RINCI
Dari
ketiga jenis media pembelajaran diatas, dapat dikembangkan jenisnya
yang biasa di terapkan pada kegiatan pembelajaran terkait. Berikut
adalah jenis-jenis media pembelajaran secara rinci serta kelebihan dan
kelemahan masing-masing. Yaitu ; Cetak, Transparansi, Audio, Slide Suara, Multimedia Interaktif, E-learning.
1. Cetak
Teknologi
Cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti
buku dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis
atau photografis.
kelebihan:
- Murah
- Dapat diakses oleh kalangan luas
- Tidak memerlukan peralatan
- Bersifat fleksibel, mudah dibawa kemana-mana
- Dapat digunakan untuk menyampaikan semua materi pembelajaran
- Bisa dibaca di mana saja dan kapan saja, tidak terikat tempat dan waktu
kelemahan:
- Membutuhkan reading habis
- Membutuhkan pengetahuan awal (prior knowledge)
- Kurang bisa membantu daya ingat
- Apabila penyajiannya (font,warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan
2. Transparansi
kelebihan:
- Penggunaannya praktis
- Tidak memerlukan ruang gelap. Karena itu siswa atau peserta didik dapat melihatnya sambil mencatat
- Mudah dioperasikan, sehingga tidak memerlukan operator khusus
- Guru dalam menyajikannya dapat bertatap muka dengan siswa/peserta didik.
kelemahan:
- Memerlukan peralatan untuk penampilan, yaitu Overhead Projector
- Memerlukan penataan yang khusus
- Memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatannya
- Menuntut cara sistematis karena susunan urutannya mudah kacau.
3. Audio
kelebihan:
- Imajinatif
- Individual
- Relatif lebih murah
- Mobile
- Dapat merangsang partisipasi aktif pendengarnya
- Sangat tepat untuk materi musik dan bahasa
- Mengatasi batas waktu dan ruang
- Radio: aktual, dapat menjangkau khalayak luas, siaran langsung, tidak dapat diulang
- Kaset: dapat diputar ulang, dapat digunakan untuk merekam ulang
kelemahan:
- Komunikasi satu arah
- Abstrak, terutama berkaitan dengan angka, ukuran, penghitungan dll
- Auditif, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam mendengarkan
- Radio: tidak bisa diulang, kontrol ada pada stasiun radio, rentan cuaca, kalau tidak menarik pendengar beralih stasiun lain
- Kaset: bisa terhapus, bisa kusut, tdk bisa disimpan lama
4. Slide Suara
kelebihan:
- Dapat digunakan dalam kelompok besar (kelas)
- Dapat memusatkan perhatian
- Di bawah kontrol guru
- Dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai materi pembelajaran
- Tahan lama (awet)
- Penyimpanannya mudah
kelemahan:
- Gambar yang lepas menjadikannya mudah hilang
- Hanya menyajikan gambar diam
- Memerlukan ruangan yang gelap, sehingga tidak ada aktifitas lain
- Biaya pembuatannya mahal
- Memerlukan peralatan Proyektor Slide dan Kaset player
- Harga peralatan mahal
- Suku cadang semakin susah didapatkan
5. Multi Media
kelebihan:
- Interaktif
- Individual
- Fleksibel
- Cost effectiveness
- Motivasi
- Umpan balik
- Record keeping
- Kontrol ada pada pengguna
kelemahan:
- Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
- Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
- Perlu persyaratan minimal prosesor, memori kartu grafis dan monitor
- Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
- Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
- Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
- Tidak punya sentuhan manusiawi
6. E-Learning
kelebihan:
- Cepat dan bisa disesuaikan dengan waktu yang tersedia
- Hemat biaya dan bebas resiko
- Senantiasa terbarukan (up to date)
- Konsisten dan mudah dipelajari/digunakan
- Interaktif dan kolaboratif
kelemahan:
- Ketergantungan yang tinggi pada ketersediaan dukungan sarana teknologi
- Harus disesuaikan benar dengan sistem dan kondisi yang ada
- Membutuhkan pelatihan untuk menjalankanya
- Membutuhkan dukungan SDM yang profesional untuk mengoperasionalkanya
C. Kesimpulan
Setiap
media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan yang antara
lain,memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
Berdasarkan perkembangan teknologi, secara umum jenis media
pembelajaran dikelompokkan menjadi;
ü Media Visual
ü Media Auditif
ü Media Audio-visual
Dari
ketiga jenis media pembelajaran diatas, dapat dikembangkan jenisnya
yang biasa di terapkan pada kegiatan pembelajaran terkait. Berikut
adalah jenis-jenis media pembelajaran secara rinci serta kelebihan dan
kelemahan masing-masing. Yaitu;
ü Cetak
ü Transparansi
ü Audio
ü Slide Suara
ü Multimedia Interaktif
ü E-learning
Media
sebenarnya akan sangat membantu dalam mewujudkan tujuan pendidikan
meskipun banyak kekurangan yanng ada didalamnya. Maka diharapkan
kekreatifitasan guru dalam memilih media mana yang lebih cocok untuk
diterapkan dalam kelas. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah
materi yang akan disampaikan, situasi kelas dan sarana pra sarana.
0 komentar:
Posting Komentar